Selayang Pandang SMP-OLAHRAGA
Balai Pendidikan Pondok Pesantren Luhuring Pakerti didirikan pada tgl 22 Oktober 2022 M / 26 Rabiul Awal 1444 H, berlokasi di Dukuh Sekluwih, RT. 025/002 Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, oleh Trio bersaudara: 1) Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I, 2) Hariyanto, S.Pd., M.Sos. dan 3) Kyai Mulyono Badrudin, S.Ag. Bersama keluarga besar Bani Kasdi Bin Karsonadi yang dikuatkan dengan berbadan Hukum Yayasan Sunan Pandan Arang Notaris Muhammad Ali Fauzi, S.H Nomor : 214 Tanggal 23 Maret 2015.
CIKAL BAKAL. Berdirinya Pondok Pesantren berangkat dari semangat keagamaan Bapak Kasdi Bin Karsonadi, beliau merupakan tokoh perintis agama yang aktif dalam kegiatan keagamaan masyarakat lingkungan Sekluwih, RT. 025/002 Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Beliau menjadi pendiri sekaligus penggerak Majelis Rutin Yasinan yang berada di lingkungan Sekluweh sampai dengan Tanjung. Titik tumbuhnya peradaban itu dimulai pada saat di sekitar Rumah Bapak Kasdi Bin Karsonadi tersebut dulunya terkenal sebagai sentral penggilingan tebu tradisional yang ditarik dengan sepasang sapi dibelakang rumah untuk beberapa tahun, lalu dipindah kedepan rumah sekitar tahun 1975 (menurut penuturan beberapa orang diantaranya bapak cekro dan bapak sarkun yang dulu ikut ngengger/buruh kepada bapak kasdi. . Seiring perkembangan waktu mesin penggilingan tebu tidak lagi beroprasi, sehingga meninggalkan sisa bangunan disebelah barat depan rumah yang dikenal dengan sebutan Tasen atau Kandang. Beberapa tetangga berpendapat dan dorongan keluarga Bapak Kasdi karena bangunan Tasen berada di depan sebelah barat lalu munculah keinginan tasen itu dibongkar dan di dirikanlah menjadi Surau Kecil sebagai tempat ibadah untuk keluarga dan tetangga dekat dilingkungan Sekluwih. Respon masyarakat yang turut mendukung memunculkan gagasan baru untuk mengembangan surau tersebut menjadi sebuah mushola sekitar tahun 1995 dan sempat terselenggaranya tempat TPQ dengan sekitar 30 santri pada tahun 1993. karena didorong semangat para jamaah mushola tersebut direnovasi dan diniatkan menjadi masjid pada tahun 1435 H. atau tepatnya pada tahun 2013 dengan nama Bahjatul Anwar yang bermakna Cahaya Keindahan dan Keceriaan (merupakan ijazah nama pemberian beliau K.H. Mudjab Mudjib, Kyai kharismatik pengasuh Pondok Pesantren ath-thohiriyyah Mangunsari Lor Tulungagung dengan spesifikasi ke ilmuan dalam bidang Al-Qur’an). SMP-OLAHRAGA didirikan oleh Trio Bersaudara Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I, Hariyanto, S.Pd., M.Sos. dan Kyai Mulyono Badrudin, S.Ag Bersama keluarga besar Bani Kasdi Bin Karsonadi dengan dengan kepala sekolah Samsul Anam, S.Pd, M. Or. sekolah menengah tingkat pertama dengan masa belajar 3 tahun untuk mencetak siswa-siswi santri berbudi luhur tahu benar dan salah berbasis pesantren, mengajar-kan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum secara seimbang. Pelajaran agama dan bahasa (Indonesia, Jawa, Arab dan Inggris) disampaikan dengan bahasa keseharian.
SMP-Olahraga yang terletak di Kabupaten Madiun bagian selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Ponorogo. SMP-Olahraga menjunjung tinggi budaya masyarakat Kabupaten Madiun dengan mengusung pakaian adat madiun sesuai PERBUP (Peraturan Bupati) Nomor 38 tahun 2023 yaitu "Surjan Kasatriyan Madiunan" sebagai pakaian yang dikenakan oleh ustadz/ustadzah dan santrinya pada kegiatan belajar mengajar pada setiap hari Kamis Minggu Pertama sebagai bentuk penanaman cinta budaya sekaligus memperkenalkan kekayaan adat dan budaya. Kabupaten madiun merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur memiliki kearifan lokal serta masyarakatnya sangat melestarikan budaya sekaligus seni beladiri asli Indonesia, yakni pencak silat. Bahkan, saking lestarinya pencak silat di daerah tersebut sekarang Madiun dikenal sebagai Kampung Pesilat. Terdapat berbagai macam aliaran pencak silat yang lahir di Kabupaten Madiun ini, salah satunya Persaudaraan Setia Hati Terate atau yang dikenal dengan sebutan PSHT. Pencak silat ini merupakan aliran dari Setia Hati yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922, beliau merupakan tokoh perintis kemerdekaan berbasis Serikat Islam (SI) dan kemudian terkenal menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun pada tahun 1948. PSHT merupakan organisasi pencak silat yang tergabung dan salah satu yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tanggal 18 Mei 1948. Sebagai bentuk implementasi ikatan emosional, ketawadukan dan dalam rangka membangun sinergi organisasi pengurus Yayasan dan Pimpinan Pondok melaksanakan silaturohim sekaligus memohon pengarahan serta sumbangsih keberlangsungan pondok pesantren ke jajaran Dewan Pusat PSHT Madiun pada tanggal 30 Oktober 2022, dari pengurus Yayasan diwakili oleh Dr. H. Zaini Fasya, M.PdI, K.Mulyono Badrudin, S.Ag. Hj. Atik Nurhayati. Dari Pengurus Pondok di wakili oleh K.Ahmad Zaenuri dan Moh. Iwa Sambada Dzikrulloh serta dari panitia pengajian diwakili oleh Syaifudin Zuhri, S.Pd. Sementara itu yang menerima dan sekaligus sebagai perwakilan Dewan Pusat adalah Kangmas H. Issubiantoro, Kangmas H. Singgih, Kangmas Rum dan Kangmas Kholiq. Hasil silaturohim ini memperkuat tujuan dan program-program pondok pesantren bahkan dicetuskannya sebuah nama pondok yang sangat melegakan yaitu Pondok Pesantren Luhuring Pakerti serta pertemuan diakhiri setelah ada kesepakatan untuk segera diadakan Ikrar Pendirian Pondok Pesantren dan telah terlaksanannya ikrar pondok pesantren pada 26 November 2022 yang dihadiri oleh Mubaligh KH. Drs. Hasanun, M.Ag. Dewan Pusat Kangmas H. Issoebiantoro, Kangmas Singgih, Kangmas Subagio, Kangmas Junaidi, Kangmas Kholiq, Mbak Yu Hajjah Siti Ruwiyatun Tarmadji Budi Harsono.
Pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu program unggulan SMP-Olahraga, dengan semboyan mencetak siswa-siswi-santri berbudi luhur tahu benar dan salah dengan sistem dan karakter pesantren, mengajar-kan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum secara seimbang. Hal ini, sesuai dengan tujuan utama yayasan Sunan Pandan Arang sebagai induk lembaga Pondok Pesantren Luhuring Pakerti dan SMP-Olahraga. Sebagai kelas unggulan pencak silat PSHT dengan tujuan melahirkan generasi muda sebagai atlet-atlet berprestasi profesional dari kabupaten Madiun untuk bertanding dikancah nasional sampai internasional. SMP-Olahraga juga memiliki program unggulan Kajian Kitab Kuning khas pesantren An Nahdliyah, Intensive Bahasa, Pelatihan Gamelan (karawitan) Jawa, dan Tahfidzul Qur'an bil Istitho’ah. Visi : Membentuk generasi yang religius, kreatif, dan berprestasi dalam bidang akademik, seni, budaya, dan olahraga. Misi : 1. Membina karakter religius siswa-santri melalui kegiatan keislaman berbasis pondok pesantren ahlusunnah wal jamaah An Nahdliyah. 2. Mewujudkan generasi islami yang kreatif melalui kegiatan seni dan budaya. 3. Mencetak atlet yang berprestasi dalam bidang olahraga melalui latihan dan pembinaan pencak silat "Persaudaraan Setia Hati Terate" Pusat Madiun. 4. Mencetak siswa-santri yang berbudi luhur tahu benar dan salah berbasis pesantren. 5. Mewujudkan siswa-santri yang berwawasan iptek dan informasi berbasis digital. SMP-Olahraga memiliki 5 Program unggulan 1. Pelatihan Atlet seni dan beladiri Pencak Silat PSHT Pusat Madiun. 2. Kajian Kitab Kuning khas pesantren An Nahdliyah 3. Pelatihan Gamelan (karawitan) Jawa 4. Intensive Bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Jawa 5. Tahfidzul Qur'an bil Istitho’ah. Profil lulusan menyiapkan atlet pencak silat berprestasi, menyiapkan calon-calon prajurit TNI-POLRI yang handal dan tangguh berbasis pesantren, menyiapkan generasi penerus yang cinta budaya, menyiapkan santri yang berwawasan digital, menyiapkan santri yang mumpuni untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

0 comments:

Posting Komentar

 
Top